IT Camp 2014. 'Do it yourself with Android'


Jakarta - Rimbunan pepohonan ditambah terpaan angin semilir tentu membuat acara berkemah jadi maknyus. Namun bagaimana jika di acara camping ditambahkan aktivitas ngoprek Android? Pasti sensasinya jauh berbeda.

Nah, sensasi inilah yang coba ditawarkan oleh IT Camp 2014. 'Do it yourself with Android' menjadi tagline dari acara rutin yang digawangi oleh ODC (one Destination Center) dengan KeRMIT (Kelompok Remaja Melek IT) tersebut.

Meski tema utamanya adalah seputar Android, namun materi yang dibicarakan di acara yang bertempat di Buperta Cibubur ini tak cuma soal OS si robot hijau.

Ada pula materi tentang membuat streaming server yang dibawakan oleh Andri Johandri, Studio Streaming oleh Ian Keikai, Open BTS oleh Direktorat Perhubungan TNI Angkatan Darat, serta VoIP di Android dimana Anton Raharja menjadi pembicara.

Namun yang menjadi 'bintang utama' di acara ini adalah Onno W. Purbo yang memberi kuliah tentang bagaimana cara membuat OS Android sendiri.

Dari pagi ratusan peserta sudah berdatangan ke Buperta Cibubur. Ada lebih dari 210 orang peserta yang hadir. Pendaftaran bahkan sudah ditutup penyelenggara sebelum batas waktu seharusnya berakhir

"Pesertanya sebagian besar anak sekolah, paling kecil ada yang kelas 1 SMP. Yang mendominasi memang SMK IT, dan ada juga dari anak kuliah," kata Lina Purbo, dari tim panitia IT Camp saat ditemui detikINET di acara yang dihelat pada 13-14 September 2014 tersebut.

Lantaran acara camping, tentu peserta tak akan tidur di kasur empuk hotel, melainkan di tenda peleton. Sementara acara kuliah sambil ngopreknya dilakukan di pendopo di Kempi III, Buperta Cibubur. Lantaran peserta yang datang melebihi kuota, mereka pun sampai ada yang duduk menggelar terpal.

Santai, penuh keakraban dan pastinya bisa menambah ilmu begitu terasa di acara IT Camp ini. Dahaga akan ilmu IT ini nyata terlihat di wajah para peserta. Tangan terangkat para peserta yang ingin 'menjajal' ilmu Onno jadi pemandangan yang biasa.

"Wah, nanyanya sudah ngeri-ngeri begini," ujar Onno, soal sulitnya pertanyaan yang diajukan peserta.

IT Camp telah dimulai sejak tahun 2009, yang berupa kegiatan pelatihan IT yang bersifat praktis yang dilakukan di alam terbuka.

Pada IT Camp 2009, peserta baru memperoleh pelatihan dasar seperti pengenalan komputer, jaringan, merakit komputer server, pembuatan jaringan internet, jaringan wireless maupun internet telepon (VoIP).

Tahun 2010, IT Camp memberi pelatihan berupa hacking karena banyaknya tuntutan dari peserta yang ingin mendalami ilmu tentang hacking.

Sementara tahun 2011 materi yang diberikan tentang Open BTS dan Cloud Computing dan di tahun 2012, fokus materi pada TV Internet (Streaming), Radio Internet, Home Teater PC, Media Server, UPnP, OpenBTS new version (Multi BTS).

Penyelenggara IT Camp berharap, meski waktu kegiatan cuma dua hari, tetapi para peserta bisa mendapatkan ilmu pengetahuan dan menambah wawasan tentang teknologi-teknologi baru. Sehingga menjadikan mereka lebih kompetitif di dunia pendidikan maupun dunia bekerja.

0 komentar:

Posting Komentar